Manusia dan Kasih Sayang

     Manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa orang lain, atau sering disebut ketergantungan. Inilah yang membuat manusia butuh kasih saying antar manusia, dan alam sekitar manusia berhak mendapat kasih saying yang sama pula karena mereka telah menjaga kita, mungkin bisa kalian bayangkan jika kita tak perduli pada alam. Maka kita bisa saja mati cepat, dan mati tersebut karena tidak ada air, tidak lucu kawan.

Ilustrasi
Kasih sayang yang kita dapat dari orang lain dapat memberi kita motivasi untuk menjalani kehidupan kita, memberi semangat untuk terus berkarya, memberi kita keindahan karena kita tahu untuk siapa kita berjuang, tentu untuk orang yang kita sayangi, dan ini saling terkait antara manusia dan kasih sayang. Bagaikan air laut dengan garamnya, kalian tidak dapat memisahkan keduanya, seperti rasa kasih sayang pada tubuh seorang manusia.
Kasih sayang dalam diri pribadi seseorang, antara lain : 

  • Pemurah : Sikap infak, yakni rela membelanjakan harta bagi kepentingan keluarga dan ama social.
  • Tolong menolong : sikap gotong royong
  • Pemaaf : Berlapang dada, memafkan sahabat – sahabatnya yang pernah bersalah.
  • Damai : Cenderung mengulurkan tangan, perdamaian kepada orang yang memusuhinya.
  • Persaudaraan : Rasa kasih sayang kepada sesame mukmin dan muslim
  • Menghubungkan tali kekeluargaan (Silaturahmi) : seorang muslim tidak akan senang memutuskan tali kekeluargaan.
Manusia yang paling bermanfaat adalah manusia yang mampu memberikan cinta kasih terhadap sesamanya. Tanpa kasih sayang, mustahil manusia dapat menciptakan ketenteraman di kehidupnya. Kasih sayan adalah proses yang berjalan secara manusiawi oleh tiap insan yang hidup di dunia. Jadi, kasih sayang adalah hak dan kewajiban bagi setiap manusia untuk memperoleh kebahagiaan yang hakiki.


0 komentar:

Posting Komentar