Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Sariawan - Sariawan dapat terjadi di lidah, bibir, gusi, mulut bagian atas/bawah dan juga bisa terjadi pada bayi maupun orang dewasa. Ada beberapa bahan herbal yang sudah terbukti dapat mengobati sariawan dengan cepat, diantaranya yakni garam, madu, bawang putih, dan masih banyak lagi. Namun tentu ada langkah-langkah untuk mengobatinya.


Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengobati sariawan secara alami ada baiknya anda ketahui terlebih dulu beberapa penyebabnya. Sariawan pada orang dewasa dapat disebabkan karena faktor seperti kekurangan vitamin C, tergigit, mengkonsumsi makanan ekstrim (pedas, panas), bakteri, dan sebagainya. Sedangkan pada anak atau balita bisa disebabkan karena adanya luka dan terinfeksi oleh kuman, jamur, virus Herpes simplex, dan lain sebagainya.

Pada umumnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun tentu saja apabila tidak segera disembuhkan dapat menyebabkan rasa perih, terutama saat mengkonsumsi makanan. Dan jika bayi anda menderita sariawan sebaiknya segera diobati karena tentu si bayi akan susah untuk makan dan akhirnya mengganggu proses pencernaan.

Berikut ini beberapa tips untuk mengobati sariawan pada bayi/balita/anak dan juga pada orang dewasa.


Cara Mengobati Sariawan Pada Orang Dewasa.
1. Menggunakan daun jambu biji
Cara pertama yang dapat anda coba yakni menggunakan daun jambu biji. Caranya cukup dengan mengunyah beberapa lembar daun biji kemudian berkumur.

2. Garam
Caranya yakni campurkan air hangat dengan garam secukupnya, setelah itu gunakan untuk berkumur. Anda dapat menerapkan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Bawang putih
Caranya yakni dengan mengoleskan irisan bawang putih pada luka sariawan.

4. Air kelapa
Ternyata berkumur dengan air kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Kopi bubuk
Caranya yakni oleskan sedikit saja kopi bubuk pada luka sariawan, setelah itu diamkan beberapa saat lalu berkumurlah untuk membersihkan kopi bubuk tersebut.

6. Madu
Caranya yakni oleskan madu murni pada luka sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi.
1. Cara pertama yang dapat anda coba yakni dengan mengoleskan madu pada luka sariawan agar tetap lembab dan tidak kering sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat makan dan minum ASI.

2. Berikan makanan yang mengandung prebiotic agar terjadi keseimbangan bakteri sehat yang dapat mencegah tumbuhnya jamur penyebab sariawan.

3. Selain itu anda juga dapat mengoleskan cuka sari apel atau minyak kelapa murni pada puting anda agar saat menyusui bisa terkena bibir bayi, jika ini diterapkan lama-kelamaan sariawan akan sembuh.

Nah itulah beberapa tips cara mengobati sariawan pada orang dewasa dan juga pada bayi yang dapat anda coba. Saya rekomendasikan apabila sariawan tidak kunjung sembuh segera periksakan kedokter agar ditangani lebih serius, terutama pada bayi. Sekian tips pengobatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Referensi

0 komentar: